CIVITAS AKADEMIKA SMK ANDALUSIA 1 WONOSOBO PERINGATI HARLAH LP MA’ARIF NU KE-93

CIVITAS AKADEMIKA SMK ANDALUSIA 1 WONOSOBO PERINGATI HARLAH LP MA’ARIF NU KE-93

Senin, 19 September 2022 SMK Andalusia 1 Wonosobo memperingati Hari Lahir LP Ma’arif NU yang ke 93 untuk itu dihari ini penyelenggaraan Upacara Bendera yang rutin diselenggarakan menggunakan formatur Upacara dari LP Ma’arif NU PBNU . Dengan Susunan Upacara sebagai berikut :

ACARA
PENDAHULUAN
1 Penataan semua unsur upacara
2 Penyiapan barisan
3 Menyanyikan lagu “Mars Ma’arif NU”
4 Pembacaan ayat suci Alquran
ACARA UTAMA
5 Pemimpin Pasukan menyiapkan pasukannya masing masing
6 Pemimpin Upacara memasuki lapangan upacara
7 Penghormatan kepada Pemimpin Upacara dipimpin oleh Pemimpin Pasukan yang
paling kanan
8 Laporan Pemimpin Pasukan kepada Pemimpin Upacara
9 Pembina Upacara memasuki lapangan upacara
10 Penghormatan umum kepada Pembina Upacara
11 Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara
12 Menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan “Mars Syubanul Wathon”
13 Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina Upacara
14 Pengibaran Bendera LP Ma’arif NU
15 Sambutan Kepala Sekolah
16 Pembacaan Pidato Harlah ke 93 Ketua LP Ma’arif NU PBNU Oleh Pengurus LP
Ma’arif NU Wilayah/Cabang
17 Pembacaan Do’a
18 Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara
19 Penghormatan Umum kepada Pembina Upacara
20 Pembina Upacara berkenan meninggalkan lapangan upacara
21 Pasukan diistirahatkan
22 Pasukan dibubarkan

Lembaga Pendidikan Ma’arif Wonosobo SMK Andalusia 1 Wonosobo, menggelar upacara bendera di halaman sekolah. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari lahir LP Maarif NU yang ke-93. Tidak hanya diperingati dengan upacara, dalam harlah LP Ma’arif NU kali ini, SMK Andalusia 1 Wonosobo juga mengadakan Tahlil bersama dan Motivation dari Sekretaris Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olahraga Pemda Kabupaten Wonosobo yang disampaikan oleh Bapak Slamet Faizi, S.Pd, M.M. pada hari Jumat 16 September 2022 yang lalu. Antusias Siswa dan Bapak Ibu Guru dalam memperingati Harlah LP Ma’arif NU yang ke 93 ini sangatlah tinggi kami diberikan motivasi Bergerak Bersama untuk Bangkit dan Bermartabat merupakan Tema pada peringatan harlah tahun ini.

Menelisik kebelakang, LP Maarif NU merupakan kelembagaan pendidikan di Nahdlatul Ulama yang di bentuk pada muktamar ke III di Kota Semarang, dimana tepat 19 Sepetember 1929 para masayikh mengutus tiga para pegiat pesantren untuk menginovasi pendidikan dengan membentuk Lembaga pengelola pendidikan. KH Wahid Hasyim, KH Abdullah Ubaid dan KH Mahfusz Siddiq merupakan tiga tokoh yang memprakarsai berdirinya lembaga pendidikan bernama LP Maarif NU dengan semangat Founding Of Nahdlatul ‘Ulama lama memprakarsai lembaga yang fokus pada dunia pendidikan  inilah tema Bergerak Bersama untuk Bangkit dan Bermartabat diharapkan menjadi motivasi untuk seluruh civitas akademika dilingkungan LP Ma’arif untuk lebih semangat mengemban tugas dan berjuang didunia pendidikan.

Pada upacara peringatan hari lahir LP Maarif NU yang ke-93 Bapak Drs. H. Samsul Ma’arif, M.M selaku kepala sekolah memberikan amanat sesuai dengan amanat dari LP Ma’arif PBNU kutipan dalam amanat sebagai berikut :

Lembaga Pendidikan Ma’arif PBNU baru saja menyelesaikan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dihadiri oleh seluruh Pengurus Wilayah seIndonesia. Berbeda dengan Rakernas sebelumnya, Rakernas kali ini hadir pada saat kita harus merespon berbagai perubahan fundamental yang terjadi di tengah masyarakat. Perubahan ini setidaknya disebabkan 2 (dua) peristiwa besar. Pertama, peristiwa Pandemi Covid19 yang berdampak pada terjadinya learning loss pada siswa kita. Pemerintah telah merilis, Covid-19 dalam tahun 2020-2021 ini telah berdampak pada berkurangnya kemajuan belajar pada siswa kita yang membutuhkan waktu 5 sampai 6 bulan untuk memperbaikinya. Kondisi ini tentu kerugian besar bagi kita semua. Karena kita semua mengetahui, hal ini akan menghambat kita dalam mewujudkan visi Generasi Emas dalam Satu Abad NU di tahun 2026, serta visi SDM Unggul di tahun 2024 sebagaimana yang dicanangkan Pemerintah. Kedua, peristiwa pesatnya perkembangan teknologi yang kita kenal dengan Revolusi Industri 4.0. Setidaknya, Revolusi Industri 4.0 ini berdampak pada terjadinya perubahan mendasar pada 3 (tiga) sektor kehidupan umat manusia, yaitu: (1) berubahnya pola hidup manusia (the changing nature of life); (2) berubahnya ekosistem kerja (the changing nature of work); dan (3) berubahnya ekosistem pendidikan (the changing nature of education). Untuk yang terakhir, tanpa pandemi Covid-19 sekalipun, dunia pendidikan akan bergerak ke arah mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran/ pendidikan. Kehadiran Covid-19 hanya mempercepat saja kita ke arah digitalisasi dan otomisasi proses pendidikan. Di sini, teknologi tidak hanya menjadi tools atau media untuk menyampaikan bahan ajar, tapi justeru teknologi menjadi sumber belajar itu sendiri. Dengan bantuan teknologi, menjadikan semua orang dapat mengakses sumber pengetahuan dari mana saja dan kapanpun. (Amanat Pembina Upcara Harlah LP Ma’arif ke 93)

(Di Post : Bagian  Humas-Hubin SMK Andalusia 1 Wonosobo)